Sabtu, 26 April 2014

OBSERVASI



Observasi sebagai salah satu teknik pengumpulan data.
Observasi adalah pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang dilakukan.
Melalui observasi penganalisis dapat memperoleh pandanganpandangan mengenai apa yang sebenarnya dilakukan, melihat langsung keterkaitan diantara para pembuat keputusan di dalam organisasi, memahami pengaruh latar belakang fisik terhadap para pembuat keputusan, menafsirkan pesan-pesan yang dikirim oleh pembuat
keputusan lewat tata letak kantor, serta memahami pengaruh para pembuat keputusan terhadap pembuat keputusan lainnya.



1. Hasil Observasi Analisis Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta secara online di Stasiun Gambir melalui telepon seluler
Pemesanan tiket Kereta Api baik keberangkatan atau kepulangan (PP) dari stasiun bisa dipesan 30 hari sebelum tanggal keberangkatan melalui sistem online. Prosedur pemesanan, sebagai berikut :
  1. Calon penumpang membuka laman web Tiket KA online.
  2. Calon penumpang mengisi formulir pemesanan beserta jumlah harga tiket
  3. petugas akan memeriksa keseterdiaan pemesanan tiket,jika pemesanan tiket tidak tersedia loket akan menyampaikan langsung kepada calon  penumpang,dan jika pemesanan tiket tersedia loket akan memberikan hasil pemesanan tiket berupa struk sebagai tanda bukti. 
  4. admin akan menginputkan data pemesanan dan menyimpan data penumpang  
  5. Server akan membuatkan laporan penjualan tiket yang akan diserahkan ke PT KA.
  6. PT KA akan menerima hasil laporan penjualan tiket yang diberikan oleh sistem

Pada penelitan tersebut digunakan DFD , ERD , Activity Diagram dan Sequence Diagram.

Dan observasi yang dilakukan adalah mengamati langsung di stasiun bersangkutan kemudian mencoba mencari informasi berapa banyak tiket yang terjual secara online.

Kesimpulannya : Pembelian tiket kereta yang awalnya manual sekarang menjadi lebih mudah dengan adanya komputerisasi dan telepon seluler yang berbasis smartphone. Hal tersebut membantu konsumen untuk mencari informasi dengan mudah apakah tiket yang dibeli sudah habis atau belum sehingga tidak perlu jauh-jauh harus ke stasiun yang bersangkutan. Dan juga melakukan pemesanan secara online menghemat tenaga sehingga tidak terlalu mengahabiskan waktu untuk berdesakan dalam mengantri tiket di stasiun

Saran: Pembuatan program harus disisipkan database yang lebih lengkap dan banyak untuk menyimpan informasi secara mendetail tentang jadwal keberangkatan semua jenis kereta dari yanga non AC - AC yang dalam provinsi maupun luar provinsi. Database bisa menggunakan oracle.





sumber: 
              http://edysusantoskom.wordpress.com/2011/06/23/analisis-sistem-informasi-%E2%80%93-teknik-observasi/
                     http://informatikatifb.blogspot.com/2014/01/system-pemesanan-tiket-online.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar